Panas ke Atas, Dingin Mengisi


Panas ke Atas, Dingin Mengisi

Tahukah kamu, bahwa udara bisa berpindah tempat? Tentu saja, kemana mereka bergerak? Mengapa malam hari bertiup angin darat dan siang hari bertiup angin laut?

Coba panaskan air di atas api. Ketika sudah sangat panas, air mendidih. Airnya berputar! Yang di bawah menyerobot ke atas, yang di atas merosot ke bawah. Mengapa begitu?

Coba juga tuang air panas ke wadah bening. Kemudian tuang air dingin dari kulkas yang sudah dicampur sedikit pewarna makanan. Benarkah air dingin berada di bagian dasar wadah?

Ini dia jawabannya!!

Udara dingin ternyata lebih berat dari udara panas. Udara panas, karena ringan, naik ke atas. Tempat yang ditinggalkan udara panas, lalu diisi udara dingin.

Itu sebabnya, air mendidih bergerak memutar. Makin dekat api, airnya makin panas. Air panas itu menjadi ringan dan menyerobot ke atas. Sedangkan air yang di atas, turun. Ketika dekat api, air yang bersuhu dingin menjadi panas. Mereka pun naik ke atas. Begitu seterusnya.

Kemudian, pada percobaan kedua, terlihat bahwa air dingin berada di bawah air panas. Ketika suhu air dingin dan air panas saling menyesuaikan, barulah tampak, air berwarna juga naik ke atas.


Di alam, pada malam hari suhu di laut lebih panas daripada di darat. Akibatnya, udara di atas laut naik. Kekosongannya, diisi udara dari darat. Maka bertiuplah angin darat di malam hari ( angin darat : angin dari darat menuju laut ). Itulah sebabnya, nelayan melaut di malam hari dengan memanfaatkan angin darat untuk menjalankan perahunya.

Sebaliknya, udara di laut lebih dingin daripada di darat. Maka angin bertiup dari laut ke darat untuk mengisi tempat udara di darat yang berbondong-bondong naik.

Contoh lain...
Perhatikanlah balon udara. Untuk menaikkan balon super besar itu ternyata menggunakan api. 
pinterest

Begitu api menyala, udara di dalam balon itu menjadi panas dan melayanglah balon itu ke atas.(pipit)
.
.
Kunjungi channel youtube penulis.
Dan jangan lupa untuk like, share, comment, dan subscribe.

Kunjungi juga akun instagram penulis
Serta jangan lupa untuk like, share, comment, dan mengikuti.

Terimakasih......

Comments

Popular posts from this blog

Konsep Server Softswitch PBX

Mata Kucing Menyala Dalam Gelap