Kisah di Balik Sukses Besarnya Doraemon


Kisah Di Balik Sukses Besarnya

Doraemon begitu terkenal, sampai-sampai ia nyaris menyamai kebesaran Mickey Mousenya Walt Disney. Sampai sekarang, doraemon masih diputar di stasiun televisi. Bahkan, banyak pecinta Doraemon sampai membuat animasi remake-nya sendiri di youtube. Film layar lebarnya pun jumlahnya sampai puluhan. Tapi, tahukah teman-teman  bagaimana awal mula terciptanya robot kucing biru yang terkenal ini?
pinterest


Kisah Di Balik Sukses Besarnya
.
Legenda Fujiko Fujio

Kalau teman-teman melihat film atau membaca komik Doraemon, di situ tertulis pengarangnya bernama Fujiko Fujio. Tahu, nggak..? Ternyata Fujiko Fujio itu sebenarnya cuma nama samaran. Fujiko Fujio adalah nama gabungan dua mangaka ( komikus Jepang ). Mereka adalah Pak Hiroshi Fujimoto dan Pak Mooto Abiko.
pinterest

Dua komikus ini sudah berteman sejak mereka duduk di SD kelas 5. Itu sekitar tahun 1943. Sejak SD, mereka sudah suka bikin komik bareng. Itu berlanjut terus sampai SMP.

Pada tahun 1952, Pak Fujimoto dan Pak Abiko memutuskan untuk serius bikin komik. Pada tahun itu juga, mereka mulai menggunakan nama samaran Fujiko Fujio. Komik pertama mereka adalah Tenshi no Tama-chan.

Dua tahun kemudian, mereka berdua pindah ke apartemen Tokiwa-so. Apartemen ini terkenal dengan tempat berkumpulnya para mangaka Jepang yang hebat. Ternyata, berkumpul dengan sesama mangaka membuat Fujiko Fujio bersemangat. Mereka giat mengasah kemampuan menggambarnya.

Sejak itu, mereka semakin produktif. Banyak tokoh komik lahir dari tangan mereka. Teman-teman kenal Ninja Hattori-kun? Kenal P-man? Pasti teman-teman sudah pernah menonton film kartunnya. Nah, tokoh-tokoh itu adalah karya Fujiko Fujio ini.


Kisah Di Balik Sukses Besarnya
.
Terus, bagaimana cerita lahirnya Doraemon?

Gara-Gara Mainan dan Suara Kucing.

Pada suatu hari, Pak Fujimoto gelisah. Ia sedang pusing mencari ide untuk membuat tokoh manga ( Komik Jepang ) yang baru. Ia harus segera mendapat ide, karena penerbit meminta Pak Fujimoto melahirkan komik baru.

"Uuh... coba kalau ada mesin yang bisa memecahkan persoalanku, pasti aku tidak pusing-pusing begini!" keluh Pak Fujimoto.

Pak Fujimoto berjalan mondar-mandir di dalam rumahnya. Tanpa sengaja, kakinya tersandung robot-robotan putrinya yang tergeletak di lantai. Ia ambil mainan yang bentuknya lucu seperti gelas dan mengamatinya. Pada saat bersamaan, Pak Fujimoto mendengar kucing tetangganya bertengkar.

Mendadak, mata Pak Fujimoto berbinar-binar. Ia amati lagi mainan robot di tangannya. Dalam pikirannya, muncul ide untuk menggabungkan robot, kucing, dan mesin pemecah persoalan menjadi tokoh manga yang baru.

Pak Fujimoto bergegas masuk ke kamar kerjanya. Ia ambil kertas dan pensil. Sret... sret... sret... ia mulai membuat sketsa. Beberapa kali ia gagal. Tapi, akhirnya... jadilah sketsa robot kucing dengan kantong yang bisa mengeluarkan segala macam alat yang bisa membantunya memecahkan persoalan. Itulah awal mula lahirnya Doraemon. Peristiwa itu terjadi pada akhir tahun 1969.


Kisah Di Balik Sukses Besarnya
.
Dari Komik ke Serial TV

Doraemon muncul pertama kali pada Januari 1970. Ia dimuat pada komik sisipan pada enam majalah anak yang terbit sebulan sekali. Masing-masing cerita pada majalah itu berbeda. Soalnya, usia pembacanya pun berbeda. Jadi, Fujiko Fujio harus membuat minimal enam cerita Doraemon setiap bulan.
pinterest

Ternyata orang Jepang menyukai Doraemon. Bukan hanya anak kecil, tapi juga orang dewasa. Pada tahun 1973, komik Doraemon dibuat animasinya oleh Nippon Television Network. Tapi, saat itu tidak meledak. Baru ketika animasinya dibuat oleh TV Asahi pada tahun 1979, film Doraemon meledak. Seluruh Jepang, terjangkiti demam Doraemon. Komiknya pun diburu orang.
.
.
Kisah Di Balik Sukses Besarnya
.
.
Kunjungi channel youtube penulis.
Dan jangan lupa untuk like, share, comment, dan subscribe.

Kunjungi juga akun instagram penulis
Serta jangan lupa untuk like, share, comment, dan mengikuti.

Terimakasih......

Comments

Popular posts from this blog

Konsep Server Softswitch PBX

Mata Kucing Menyala Dalam Gelap

Panas ke Atas, Dingin Mengisi