Lezat Belum Tentu Sehat

Lezat Belum Tentu Sehat


Warnanya segar menggoda
Bentuknya pun menggugah selera
Tapi awas, dalam kenikmatannya
Ada racun mengundang bahaya

"Misterius sekali puisimu, Blatz," komentar Wixa saat membaca puisi Blatz yang tergeletak di atas meja laboratorium luar angkasa. Blatz dan Wixa tinggal di Planet Zoyus, yang letaknya, ribuan tahun cahaya dari Bumi.

"Ooo... itu pengantar laporanku. Buat tugas sekolah besok!" jawab Blatz sambil terus meneliti dengan mikroskopnya.

Wixa mengernyitkan kening, "Kau meneliti apa, sih?"
"Aku baru saja pulang dari Bumi, tepatnya dari sebuah wilayah yang disebut Indonesia. Aku membawa oleh-oleh ini, jajanan anak-anak Bumi!"

Blatz mengangsurkan es sirup warna warni dalam plastik. Juga ada bakso, lontong, bakso, otak-otak, tahu goreng, dan cilok. Lengkap dengan saus berwarna merah.

Wixa menahan air liurnya, "Yumm... kelihatannya enak!"

"Tapi, coba baca dulu laporanku! Makanan-makanan itu mengandung zat-zat berbahaya! Nih, lihat daftarnya!"


Formalin, pengawet salah sasaran

Formalin banyak ditemukan dalam jajanan atau makanan. Padahal, formalin bukan bahan makanan, lho! Justru sebaliknya, formalin merupakan zat kimia yang berbahaya bagi tubuh manusia. Tapi, karena formalin mengandung zat yang bisa membunuh jamur, banyak orang menyalahgunakan formalin untuk mengawetkan makanan. Seperti pada mie, tahu, dan ikan.

Dalam dunia kedokteran, biasanya formalin digunakan untuk mencuci alat-alat kedokteran. Selain itu, formalin juga digunakan untuk mengawetkan mayat!

Makanan atau jajanan berformalin dapat merusak tubuh kita. Misalnya hati, jantung, otak, limpa, pankreas, dan ginjal. Formalin juga dapat menyebabkan berbagai penyakit, seperti gangguan saluran pernapasan, muntah-muntah, pusing, rasa terbakar pada tenggorokan, dan masih banyak lagi. Bahkan, kalau kita makan makanan berformalin dalam waktu lama, kita bisa kena kanker. Hiii.... seram, kan!!


Boraks, yang bikin kenyal

Makanan bakso yang kenyal-kenyal memanglah lezat. Tapi belum tentu yang lezat itu sehat. Sebab, dari berbagai jajanan yang diteliti, terutama bakso. Kebanyakan terdapat boraks di dalamnya. Boraks itu digunakan untuk mengenyalkan dan mengawetkan makanan.

Padahal, sebetulnya boraks itu pengawet kayu dan rotan, lho. Boraks juga berfungsi sebagai penghalus dalam pembuatan gelas. Juga sebagai bahan pengontrol kecoak! Iiih...

Bayangkan kalau bahan-bahan kimia itu masuk ke tubuh kita. Hmm... tentu berbahaya! Sering makan makanan berboraks dapat menyebabkan gangguan otak, hati, lemak, dan ginjal. Bahkan, kalau kita memakan boraks dalam jumlah banyak, bisa menyebabkan kematian.


Rhodamin B, si penggoda

Es sirup warna-warni, atau saus merah menyala memang menggoda buat dinikmati. Tapi hati-hati! Jangan melihat jajanan dari warnanya saja! Soalnya, banyak jajanan warna-warni yang menggunakan Rhodamin B sebagai pewarnanya.

Rhodamin B merupaka salah satu jenis pewarna pakaian dan kertas. Rhodamin B tidak boleh digunakan untuk makanan. Tapi, karena Rhodamin B bisa membuat makanan jadi cerah menggoda, banyak yang menggunakannya untuk mewarnai makanan. Akibatnya tentu saja gawat! Jajanan dengan pewarna Rhodamin B dapat mengakibatkan gangguan fungsi hati, bahkan kanker hati.


"Hiii... Wixa bergidik ngeri. "Ternyata jajanan lezat belum tentu sehat, ya? Terus, anak-anak Bumi jajan apa, dong?"

"Nah, ini termasuk dalam isi laporanku! Daripada jajan sembarangan, anak-anak Bumi bisa mengikuti saranku! Sebelum berangkat sekolah, sebaiknya kita sarapan dulu di rumah. Selain itu, tak ada salahnya kita membawa bekal makanan ke sekolah. Bukan cuma lebih bersih dan bergizi, tapi juga lebih irit uang jajan! Kalau pun terpaksa jajan di luar, kita jangan jajan sembarangan. Kita harus memilih warung yang bersih. Kalau perlu, warung langganan yang sudah terjamin kebersihannya."

"Wow, laporanmu menarik, Blatz! Tapi... kurasa kita juga harus menyebarkan laporan ini ke Bumi!" usul Wixa.

Blatz tersenyum. "Betul juga. Siapa tahu setelah membaca laporanku, akan-anak Bumi mau menjaga kesehatan dengan makan makanan sehat dan bergizi!

Jadi... tunggu apa lagi?? Ayo kita invasi Bumi!!!"
.
.
Kunjungi channel youtube penulis.
Dan jangan lupa untuk like, share, comment, dan subscribe.

Kunjungi juga akun instagram penulis
Serta jangan lupa untuk like, share, comment, dan mengikuti.

Terimakasih......

Comments

Popular posts from this blog

Konsep Server Softswitch PBX

Mata Kucing Menyala Dalam Gelap

Panas ke Atas, Dingin Mengisi