Kenapa Bisa Turun Hujan

Kenapa Bisa Turun Hujan???

Angin... oh... Angin

Bumi belahan utara mengalami musim dingin setiap akhir tahun. Tentu saja, udara di bumi bagian utara jadi sangat dingin. Sebaliknya, bumi bagian selatan mengalami musim panas setiap akhir tahun. Udara di atasnya pasti sangat panas.

Nah, jika ada dua tempat punya suhu udara yang berbeda, maka udara di dua tempat itu akan saling bergerak. Udara dingin ingin selalu pindah ke tempat udara panas. Wuusss... udara pun bertiup, dan jadilah angin. Dari bumi belahan utara berhembus angin dingin menuju bumi belahan selatan yang udaranya panas.


Musim Hujan, Musim Banjir

Indonesia terletak di tengah-tengah belahan bumi tersebut. Tepatnya di garis khatulistiwa Planet Bumi. Indonesia tidak mengenal musim dingin dan musim panas. Cuacanya hampir sama sepanjang tahun.

Tapi, tempat kita punya musim kemarau dan musim hujan. Ketika musim kemarau, air hujan hanya turun sekitar 150 ml ler bulan. Berbeda dengan musim hujan, curah hujannya sangat tinggj. Bahkan banyak tempat sampai kebanjiran.


Tabrakan Angin Utara dan Selatan

Kenapa bisa turun hujan lebat? Hmm.. ini ada ceritanya. Angin musim dingin berhembus dari utara menuju bumi belahan selatan. Dalam perjalanannya, angin melewati Samudera Hindia. Wow, namanya juga lewaf samudera. Tentu saja, udara di atas samudera mengandung banyak uap air. Uap air ini pun, ikut terbawa angin. Makin lama, uap air itu berkumpul dan membentuk awan. Ketika sampai di Indonesia, awannya pecah dan turun sebagai hujan.

Di Indonesia, angin dingin juga bertemu dengan udara panas dari bumi belahan selatan. Angin musim dingin, awan, dan udara panas dari selatan jadi bertabrakan. Celakanya, tabrakan itu bisa jadi berbahaya. Jika perbedaan suhunya terlalu besar, angin dingin dan udara panas itu akan berputar-putar ke atas. Akibatnya, awan pun ikut berputar ke atas dan membentuk awan besar yang menjulang tinggi di angkasa. Awan ini bernama awan Cumolonimbus.

Wow, tabrakan itu menimbulkan angin topan, petir, dan hujan yang sangat lebat. Wah, tapi manusia jadi repot. Karena pohon-pohon jadi tumbang. Hmm... kalau sudah begini, kita harus bersiap-siap kebanjiran, deh. Baik banjir karena sungai meluap, maupun banjir bandang. Ssst.. jangan lupa bawa payung!
.
.
Kunjungi channel youtube penulis.
Dan jangan lupa untuk like, share, comment, dan subscribe.

Kunjungi juga akun instagram penulis
Serta jangan lupa untuk like, share, comment, dan mengikuti.

Terimakasih......

Comments

Popular posts from this blog

Konsep Server Softswitch PBX

Mata Kucing Menyala Dalam Gelap

Panas ke Atas, Dingin Mengisi