RAHASIA DI BAWAH KAKI


     Permukaan bumi terdiri dari lempeng-lempeng yang selalu bergerak perlahan. Lempeng adalah bagian kulit bumi yang keras. Namun, panas di lapisan dalam bumi membuatnya terbagi-bagi menjadi pecahan-pecahan besar.

     Panas di lapisan dalam bumi juga membuat lempeng bumi melunak dan meleleh. Nah, karena meleleh, lempeng bumi selalu bergerak perlahan. Misalnya, lempeng Indo-Australia bergerak sampai 4 cm sampai 6 cm setiap tahun.

    Suatu ketika, lempeng-lempeng itu saling bertemu, sehingga tidak dapat bergerak. Lalu, lempeng-lempeng itu saling menekan. Tekanan ini membuat lempeng terdesak ke atas atau melesak ke dalam. Gerakan mendesak inilah yang disebut gempa tektonik. Gerakan lempeng-lempeng ini bermacam-macam. Ada yang bergerak menjauh, mendekat, dan bergerak berdampingan.

     Sebagai contoh, gempa bumi di Yogyakarta terjadi akibat tabrakan dari dua lempeng besar, yakni lempeng Indo-Australia dan lempeng Eurasia. Kedua lempeng tersebut bertemu di garis barat Pulau Sumatera hingga selatan Nusa Tenggara.


Hah.... ternyata, gempa tektonik itu seperti gerakan rahasia alam yang terjadi di bawah kaki kita! Diam, tersembunyi, tapi.... menakutkan!

#####


Kunjungi channel youtube penulis.
Dan jangan lupa untuk like, share, comment, dan subscribe.

Kunjungi juga akun instagram penulis
Serta jangan lupa untuk like, share, comment, dan mengikuti.

Terimakasih......

========================================================================================================================================================================================================================

Comments

Popular posts from this blog

Konsep Server Softswitch PBX

Mata Kucing Menyala Dalam Gelap

Panas ke Atas, Dingin Mengisi